RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(PERTEMUAN KE-1)
Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas / Semester KD / Materi Pokok Alokasi Waktu |
: : : : : |
SMA
Negeri 1 Karanggede Fisika XII
/ 1 3.1/4.1
/ Listrik Searah (DC) 2
Jam Pelajaran x 45 Menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menggunakan Model
Pembelajaran Blended Learning dan Pendekatan Scientific Learning
ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta mampu menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan
sehari-hari dan mempresentasikan hasil percobaan tentang prinsip kerja
rangkaian listrik searah (DC) dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab,
displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang
menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif
(kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan |
Offline (5 menit) - Peserta didik memberi
salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional (PPK) - Guru mengecek kehadiran
peserta didik dan memberi motivasi (yel- yel/ice breaking) - Guru menyampaikan tujuan
dan manfaat pembelajaran tentang topik yang
akan diajarkan - Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah
pembelajaran Online (5 menit) - Guru berkomunikasi dengan
peserta didik melalui wa grup untuk segera
masuk ke WA group - Guru mengecek kehadiran
peserta didik melalui WA group - Guru mengajak peserta didik
untuk berdoa. - Guru menyampaikan tujuan
dan manfaat pembelajaran tentang topik yang
akan diajarkan - Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah
pembelajaran |
Kegiatan
Inti Langkah 1. seeking of information |
Offline (10 menit) - Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi bahan bacaan terkait materi listrik searah (DC) (Creative) Online (15 menit) -
Peserta
didik diberi video lewat youtube tentang listrik
searah (DC) |
Langkah 2. acquisition of information |
Offline (10 menit) - Guru membentuk beberapa
kelompok peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai listrik searah (DC) dalam
pemecahan masalah (Collaboration) -
Guru
menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di buku tugas masing - masing peserta didik (Critical Thinking) Online (15 menit ) - Guru meminta peserta didik
untuk masuk ke WA group untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari video yang telah di lihat. - Guru menugaskan siswa untuk
membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di microsoft word
maupun buku tulis |
Langkah 3. synthesizing of knowledge |
Offline (10 menit) - Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait listrik searah (DC) (Communication) - Peserta didik kemudian
diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami - Peserta didik kemudian
mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di dalam
buku tugas. Online (10 menit ) - Guru membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait listrik
searah (DC) melalui WA group - Peserta didik kemudian
mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di microsoft word atau buku tulis dan dikumpulkan melalui WA group |
Penutup |
Offline (5 menit) - Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar - Guru memberikan penilaian
lisan secara acak dan singkat - Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya dan berdoa - Guru menutup pertemuah dengan salam Online (5 menit) - Guru mengecek tugas siswa
yang sudah masuk di WA group
dan memberikan
konfirmasi siapa saja yang belum
mengumpulkan tugas - Guru menutup pertemuah
dengan salam melalui WA group |
C.
PENILAIAN
- Sikap : Observasi
saat proses pembelajaran
- Pengetahuan : Penugasan
- Ketrampilan : Praktik dan Portofolio
D. LAMPIRAN
- Materi pembelajaran tentang listrik searah (DC) (Lampiran 1)
- Form penilaian sikap spiritua
dan social beserta kriteria penilaian (lampiran 2)
- Soal Kognitif dan kunci
jawaban (lampiran 3)
|
Guru Mata Pelajaran, Muhammad Jazari, M.Pd. NIP.
19800911 200801 1 004 |
LAMPIRAN 1
A.
Materi
Pembelajaran
ARUS LISTRIK
Arus
listrik ditimbulkan dari aliran muatan listrik yang terjadi pada bahan
penghantar. Penghantar dapat berupa logam, larutan, maupun gas. Pembawa muatan
arus listrik pada penghantar logam adalah elektron-elektron, pada larutan ion
positif dan ion negatif seperti yang terjadi pada akumulator, pada gas pembawa
muatannya adalah elektron dan ion positif seperti pada peristiwa petir.
Arah
arus listrik (arus konvensional) adalah searah
dengan arah aliran muatan posifif dan berlawanan
arah dengan arah gerak elektron.
Kutub-kutub
sumber ggl disimbolkan sebagai garis sejajar yang terdiri atas bagian panjang
(kutub positif) dan bagian pendek (kutub negatif). Ini berarti pada suatu
rangkaian listrik, arah arus adalah
keluar dari kutub positif menuju ke kutub negatif sumber tegangan.
KUAT ARUS ( I )
Kuat
arus ( I ) didefinisikan sebagai jumlah muatan yang mengalir tiap satuan
waktu.
dengan I :
kuat arus (ampere disingkat A )
q : muatan listrik yang mengalir ( coulomb
disingkat C )
t : waktu (detik)
Pada
logam penghantar, arus listrik ditimbulkan oleh aliran elektron. Jumlah
elektron yang mengalir, n , dapat
dicari dari hubungan :
dengan n : jumlah elektron dan
e : muatan elektron (1,6 x 10-31
Coulomb)
HUKUM OHM
Aliran
air pada suatu pipa akan sebanding dengan beda tinggi kedua ujung pipa. Semakin
besar perbedaan ketinggiannya, air akan mengalir semakin cepat. Hal ini karena
energi potensial air yang dirubah menjadi energi kinetik semakin besar.
Hal yang
sama berlaku pada aliran muatan listrik, dimana untuk suatu hambatan R yang
tetap, bertambahnya beda potensial listrik pada dua titik akan menyebabkan
jumlah muatan yang mengalir tiap detik semakin besar, yang berarti bahwa kuat
arus yang mengalir juga semakin besar.
Hubungan
antara beda potensial atau tegangan, kuat arus yang mengalir, dan hambatan
penghantar akan memenuhi hukum Ohm :
dimana V :
tegangan atau beda potensial antara ujung-ujung penghantar ( volt )
I : kuat arus yang dihasilkan
( ampere )
R : hambatan penghantar (
ohm atau W )
Contoh Soal :
1.
pada suatu penghantar terjadi aliran
elektron sebesar 480 C selama 1 menit. Bila muatan elektron e = -1,6 x 10-19 C, hitunglah
kuat arus dan jumlah elektron yang mengalir !
Penyelesaian :
q = 480 C , t = 1 menit = 60 detik , e = -1,6 x 10-19 C (tanda
negatif menunjukkan bahwa elektron bermuatan negatif).
Kuat arus yang
mengalir :
Banyaknya
elektron yang mengalir didapat dari hubungan :
2.
Berikut adalah grafik hubungan antara
tegangan ( V ) dengan kuat arus yang
mengalir ( I ) yang mengalir pada
sebuah hambatan R :
C.
SUMBER BELAJAR
Penyelesaian :
Dari
grafik didapat,
saat
kuat arus I = 1 A tegangan V = 20 volt
saat
kuat arus I = 2 A tegangan V = 40 volt
saat
kuat arus I = 3 A tegangan V = 60 volt
nilai hambatan R dapat diperoleh dengan cara memasukkan
salah satu pasangan data di atas kedalam persamaan hukum Ohm : V = I
R
B.
MEDIA PEMBELAJARAN
Media/Alat : Lembar
Kerja, Laptop, WA, Video pembelajaran
1.
M. Farchani, dkk, 2016. Kajian Konsep Fisika, untuk
Kelas XII SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
1.2. Sumber Internet, http://pak-anang.blogspot.com
3.
Modul Penunjang Pembelajaran Siswa, Fisika kelas XII
SMAN 1 Karanggede.
4.
Buku/sumber lain yang relevan.
LAMPIRAN 2
PENILAIAN SIKAP
1.
Jurnal Guru
Nama Satuan
pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran :
NO |
HARI/ TANGGAL |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Diri
Nama .................................................................................................... : .
Kelas :
..................................................................................................
Berilah tanda centang (√ ) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuaai dengan
keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses
pembelajaran |
|
|
2 |
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok |
|
|
3 |
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan
dalam kelompok. |
|
|
4 |
Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi
literature atau pencarian informasi. |
|
|
5 |
Saya
percaya diri dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Saya teliti
dalam melakukan analisis permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok. |
|
|
3. Penilaian Antar Teman
Nama
yang diamati . : .............................................................................
Nama
pengamat ..... : .............................................................................
Berilah tanda centang (√ ) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Bersemangat dalam menyelesaikan
pekerjaan. |
|
|
2 |
Mau menerima pendapat teman. |
|
|
3 |
Memberikan pendapat dengan lancar. |
|
|
4 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
|
|
5 |
Percaya diri saat mempresentasikan
hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Membaca permasalahan dengan cermat. |
|
|
4. Penilaian Sikap Sosial
Kelas :
……………………………….
Materi : ………………………………
No |
Nama |
Skor Indikator |
Skor Total |
Predikat |
|||||
Kerja sama |
Percaya diri |
Tanggung jawab |
Jujur |
Tolerasi |
Disiplin |
|
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
4 =
apabila peserta didik memenuhi 4 indikator
3 =
apabila peserta didik memenuhi 3 indikator
2 =
apabila peserta didik memenuhi 2
indikator
1 =
apabila peserta didik memenuhi 1 indikator
0 =
apabila peserta didik tidak memenuhi semua indikator
Indikator yang diamati:
1.
Kerjasama. Indikator sikap kerjasama adalah sebegai
berikut.
a.
Bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
b.
Aktif dalam kerja kelompok
c.
Memusatkan perhatian pada tujuan kerja kelompok
d.
Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
2.
Percaya diri.
Indikator sikap percaya diri adalah sebegai berikut.
a.
Berani presentasi di depan kelas
b.
Berani bertanya pada saat guru menjelaskan materi
c.
Berani bertanya pada saat presentasi
d.
Berpendapat dalam berdiskusi
3.
Tanggung jawab.
Indikator sikap tanggung jawab adalah sebegai berikut.
a.
Mengerjakan tugas dari guru
b.
Melaksanakan perintah guru
c.
Tidak menyalahkan teman dalam diskusi
d.
Mengembalikan barang yang dipinjam
4.
Jujur.
Indikator sikap jujur adalah sebegai berikut.
a.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ulangan/ujian
b.
Tidak menyontek hasil diskusi teman
c.
Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa
adanya
d.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
5. Toleransi. Indikator sikap toleransi adalah
sebegai berikut.
a.
Bersedia menerima pendapat teman
b.
Tidak mengganggu teman ketika berpendapat
c.
Menerima kesepakatan hasil diskusi
d.
Tidak memaksakan pendapat
6.
Disiplin. Indikator sikap disiplin adalah sebegai
berikut.
a.
Masuk kelas tepat waktu
b.
Memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi
pembelajaran
c.
Mengumpulkan tugas sesuai waktu yang dikumpulkan
d.
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
Rumus Perhitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
Kategori nilai Sikap
Sangat Baik (A) : apabila
memperoleh skor 3,33 < skor
Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh skor 2,33 < skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 1,33 < skor Akhir ≤ 2 ,33
Kurang (D) : apabila memperoleh skor Akhir
≤ 1,33
5. Penilaian
Sikap Spiritual
Kelas : ……………………………….
Materi : ………………………………
No |
Nama Siswa |
Indikator |
Skor total |
Predikat |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
Indikator :
1.
Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.
2. Membalas salam dari guru
3. Bersyukur setelah selesai mengerjakan tugas
4. Mengerjakan ibadah sesuai dengan agamanya.
Skor :
4 =
apabila peserta didik selalu melakukan perilaku yang diamati
3 =
apabila peserta didik sering melakukan perilaku yang diamati
2 =
apabila peserta didik kadang - kadang
melakukan perilaku yang diamati
1 =
apabila peserta didik tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
Rumus Perhitungan Skor Akhir
Skor
Akhir =
Kategori nilai Sikap
Sangat Baik (A) : apabila
memperoleh skor 3,33 < skor
Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh skor 2,33 < skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 1,33 < skor Akhir ≤ 2 ,33
Kurang (D) : apabila memperoleh skor Akhir
≤ 1,33
LAMPIRAN 3
PENILAIAN KOGNITIF
1. Peserta didik melakukan pengukuran di laboratorium
seperti gambar berikut. Hasil pengukuran tegangan pada voltmeter di samping
adalah ....
80 |
B.
150 volt
C.
200 volt
D.
250 volt
E.
300 volt
2.
Seutas kawat tembaga memiliki
nilai hambatan 20 Ω. Kawat lain sejenis yang panjangnya dua kali dan diameter
setengah kalinya memiliki nilai hambatan….
A. 40 Ω
B. 60 Ω
C. 80 Ω
D. 120 Ω
E. 160 Ω
3. Perhatikan
rangkaian hambatan berikut !
Jika rangkaian dihubungkan dengan
sumber tegangan 26 volt, maka arus yang melalui hambatan 3 Ω adalah
…
A. 8,7 A D. 3,0 A
B. 5,2 A E.
2,0 A
C. 5,0 A
4. Pada
gambar rangkaian hambatan di samping, hambatan R = 30 Ω. Hambatan
pengganti dari rangkaian adalah ….
B.
3,0 Ω
C. 3,3 Ω
D.
10 Ω
E. 30 Ω
5. Pada
sebuah lampu pijar bertuliskan 40 W, 220 volt. Apabila lampu tersebut dipasang
pada tegangan 110 volt maka daya lampu adalah …
A.
5
watt D. 80 watt
B. 10
watt E. 160 watt
C.
20
watt
Kunci Jawaban:
1.
V =
(80/120) x 300 = 200 volt (C)
2.
R =
ρ.L / A = 40 (A)
3.
A
4.
10 Ω
(D)
5.
B
0 komentar:
Posting Komentar